Mesut Ozil, Konduktor Lapangan Hijau

Jika orang bertanya siapa pemain terbaik di dunia, mungkin jawaban yang akan terpikirkan oleh kita adalah Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo. Keduanya memiliki segudang prestasi mengagumkan dalam karir sepak bola mereka. Namun jika ditanya siapa gelandang serang terbaik di dunia? Jawaban setiap orang pasti berbeda. Dan saya memiliki satu jawaban sendiri, Mesut Ozil.

mesut-ozil
Mesut Ozil, playmaker handal dari Jerman

Mesut Ozil sendiri baru mulai dikenal banyak orang ketika pada tahun 2009 ia berhasil mengantarkan Werder Bremen meraih juara DFB Pokal mengalahkan Bayer Leverkusen. Gol yang ia cetak saat itu menjadi penentu kemenangan Werder Bremen saat melawan Bayer Leverkusen.

Puncaknya adalah ketika Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Ia menjadi aktor di balik suksesnya tim Jerman menembus semifinal, dengan mengalahkan tim sekaliber Argentina dan Inggris. Prestasinya mampu mencetak 1 gol dan menjadi top assist dengan 3 assist.

Hal itu tentu saja membuat banyak tim rela merogoh kocek untuk mendapatkan servis pemain berdarah turki ini. Dan adalah Real Madrid yang beruntung mendapatkan tanda tangan kontrak dengannya.

realmadridcfvathleticclublaligagubt5u87e1ax
Mesut Ozil berada di Real Madrid dari 2010-2013

Di Real Madrid, kematangan Ozil semakin terlihat. Bermain bersama banyak pemain kelas dunia membuatnya semakin berkembang. Ia sukses melayani predator-predator ganas milik Real Madrid seperti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan juga Gonzalo Higuain. Total selama bermain di Real Madrid, ia berhasil mencetak 25 gol dan 60 assist dari 147 penampilannya. Catatan yang mengagumkan dari Mesut Ozil.

Di timnas Jerman sendiri, ia juga tampil luar biasa. Meskipun ia hanya bisa menghantarkan Jerman sampai semifinal Euro 2012, ia membayarnya di World Cup 2014 Brazil. Ia berperan penting dalam membantu Der Panser meraih gelar dunia ke empat mereka, dengan membungkam Argentina 1-0 di final dan mempermalukan Brazil 7-1 di semifinal.

Akan tetapi Real Madrid membuat kesalahan. Tahun 2013, mereka menjual Mesut Ozil dengan dalih penurunan performanya. Memang, performa Ozil saat itu tengah menurun akibat cedera. Dan klub beruntung yang mendapatkan tanda tangannya kali ini adalah Arsenal.

Arsenal v Liverpool - Premier League
42 juta euro yang tak sia-sia bagi Arsenal

Berbeda dengan di Real Madrid, di Arsenal ia mendapatkan cukup kebebasan. Di Real Madrid sendiri ia harus berbagi tempat dengan Luca Modric dan juga Angel Di Maria sebagai playmaker. Sedangkan di Arsenal, Arsene Wenger memberikan kebebasan pada Ozil untuk mengatur ritme permainan timnya.

Hasilnya luar biasa. Ia menjelma menjadi konduktor hebat di lapangan. Layaknya Mozart, ia mampu mengatur jalannya pertandingan di lapangan. Ritme Arsenal jauh lebih rapi ketika Mesut Ozil. Umpan-umpan akurat pun sering ia berikan untuk memanjakan striker Arsenal. Mungkin tidak berlebihan jika Ozil saya sebut memiliki mata elang.

Puncaknya adalah di tahun 2015/2016. Ia bersama dengan Alexis Sanchez membuat Arsenal tampil sebagai tim yang ditakuti. di tahun itu pula ia hampir berhasil menyamai rekor Thierry Henry. Ia mampu menciptakan 19 assist dalam semusim, hanya kalah 1 assist dari Henry.

Sayangnya saat itu pemain berusia 28 tahun ini mudah terkena cedera. Hal itu membuatnya belum mampu menghantarkan Arsenal meraih gelar juara liga Inggris. Akan tetapi di musim ini ia menjelma menjadi sosok yang berbeda. Jika tahun lalu ia berperan sebagai raja Assist, tahun ini ia juga mulai sering mencetak gol. 4 gol dan 2 assist menunjukkan bahwa pemain ini cukup berbahaya jika dibiarkan di kotak pinalti. 34 key passes dari 13 penampilan juga membuktikan bahwa Ozil juga masih layak dilabeli playmaker terbaik di dunia, dengan kemampuannya mengatur penyerangan tim. Jika ia mampu tampil konsisten dan tidak cedera, bukan tidak mungkin Arsenal mampu memulangkan trofi liga inggris lagi ke Emirates Stadium.

Bravo Mesut Ozil!

 

Iklan

2 thoughts on “Mesut Ozil, Konduktor Lapangan Hijau

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: