Good Job Indonesia!!

15317849_1495502400478889_7859425385218009975_n

IT’S FANTASTIC GAMES!! Hanya satu kata ini yang mampu saya ucapkan setelah melihat laga Vietnam vs Indonesia di lanjutan semifinal leg 2 AFF 2016. Indonesia berhasil lolos ke final setelah mampu menahan imbang Vietnam di Hanoi 2-2, setelah di leg sebelumnya mampu mengalahkan Vietnam 2-1.

Laga di Hanoi ini sebetulnya tidak berjalan dengan mudah. Indonesia terus dibombardir 7 hari 7 malam (kata komentatornya LOL) oleh para pemain Vietnam. Beruntung Indonesia yang bermain dengan 2 holding midfielder, Manahati Lestusen dan Bayu Pradana mampu menjaga lini tengah dengan baik. Begitu pula Fachrudin dan Hansamu Yama. Sebagai center back, mereka layak diberikan kredit atas kerja keras mereka.

15267653_1495444950484634_1289136444353677930_n
Fachrudin tampil apik membuat deretan penyerang Vietnam frustasi

Vietnam sendiri sebetulnya tampil sangat baik. Berbagai serangan dari berbagai arah telah dilancarkan. Namun pertahanan Indonesia masih kokoh menjaga gawang mereka di babak pertama.

Di babak kedua Vietnam lebih menggila. Serangan demi serangan terus mereka lancarkan. Akan tetapi mereka justru lengah. Crossing yang diluncurkan kapten Boaz mampu dimanfaatkan oleh Stefano Lilipaly. Skor 1-0 untuk Indonesia.

AFF SUZUKI CUP 2016 Final Rounds Semi Finals Leg 2, Vietnam 7 December 2016
Lilipaly, pencetak gol pertama Indonesia

Tertinggal 1-0, Vietnam coba mengejar. Namun petaka itu datang di menit 71. Kiper Vietnam yang merasa dilanggar oleh Bayu Pradana melancarkan protes terlalu keras, sehingga wasit terpaksa harus memberikan kartu merah untuknya. Bermain dengan 10 pemain dan tanpa kiper murni, Vietnam justru tampil menekan. Hasilnya, mereka berhasil memecah konsentrasi pertahanan Indonesia dan mencetak 2 gol di penghujung laga. Skor 2-1 untuk Vietnam. Laga harus dilanjutkan di extra time.

Di extra time, Indonesia mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Hasilnya, serangan yang dibangun dengan apik oleh skuad garuda membuat kiper Vietnam harus melanggar Ferdinan Sinaga di kotak penalti. Manahati Lestusen yang menjadi eksekutor sukses menaklukkan kiper Vietnam tersebut. Skor 2-2 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

AFF SUZUKI CUP 2016 Final Rounds Semi Finals Leg 2, Vietnam 7 December 2016
Pemain Vietnam setelah mencetak gol

Lolosnya Indonesia sendiri patut disyukuri, karena selain banyaknya tekanan dari suporter tuan rumah, berbagai keputusan kontroversial wasit pun cukup menguras tenaga para pemain. Kredit khusus saya berikan pada Manahati Lestusen. Menurut saya, dialah Man Of The Match laga kali ini. Ketenangannya menjaga lini tengah, peran sebagai orang pertama yang memutus aliran serangan Vietnam berhasil ia jalankan dengan baik.  Dan gol penaltinya membawa Indonesia berhasil lolos ke final AFF untuk kelima kalinya.

manahati_lestusen_indonesia_singapura_aff_suzuki_cup_2016_0
Inilah Manahati Lestussen, Man Of The Match versi saya

Di final nanti Indonesia bakal bertemu Myanmar atau Thailand yang masih akan berlaga 8 Desember 2016. Kemungkinan terbesar ialah Thailand, yang sudah memenangkan leg pertama 2-0 di kandang Myanmar. Jika benar Thailand, maka ini akan jadi kesempatan balas dendam Indonesia yang dikalahkan 4-2 di fase grup lalu.

Siapapun musuhnya nanti, Indonesia harus siap untuk berjuang lebih keras di babak final, agar bisa membawa pulang piala AFF untuk pertama kalinya. Good job Indonesia!! Ayo, garuda bisa!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: